Faridal's Ware (Hidroponik)

Tuesday, February 9, 2016

Belajar Menyemai

"Hidroponik itu mudah, menyenangkan, menguntungkan dan harus murah meriah"
"Tokopedia - Faridal's Ware (Hidroponik)"

Jika dalam hatimu terbesit pertanyaan begini "Gimana sih caranya menyemai bibit???". Mungkin bagi pemula dalam dunia pertanian pertanyaan ini sering muncul tapi jangan bingung atau takut coba aja belajar yg mudah - mudah dulu seperti selada Grand Rapid. "Mengapa harus selada sih?" ini memang tidak harus yah.. karena daya kecambah selada bisa dibilang agak cepat dalam waktu satu hari satu malam hasilnya bisa kita lihat atau bisa juga dengan tanaman lain yg daya kecambahnya juga cepat. Apasih peralatan yg kita perlukan?

Bahan/Peralatan yg kita perlukan adalah :
  • Paket benih (Selada Grand Rapid)












  • Rockwool (media semai) ---------------> bisa diganti dengan bahan yg bisa menyerap air (seperti: kain katun, kain flanel ,kapas, serbuk gergaji, busa spons, dll).
 
Rockwool









  • Tusuk gigi untuk membuat lobang tanam. 
 










  • Air secukupnya (air sumur, air hujan, air sungai, air pdam yg sudah didiamkan selama 1 minggu)
 







  • Nampan atau sesuatu yg dapan menampung benih.
 









  •  Lampu grow light (kalo tidak ada juga tidak apa - apa).









Cara membuatnya sbb:
  1. Ambil benih kesayangan kita, keluarkan dari bungkusnya satu persatu. Jika benihnya dalam bentuk yg banyak sampai ratusan siapkan toples kedap udara untuk menyimpan sisa benih yg belum dipakai.
  2. Basahi media semai dengan air sampai basah kemudian letakkan di nampan tempat benih.
  3. Jika media semai dari Rockwool potong - potong medianya menjadi seperti dadu dengan ukuran 2x2 cm lalu tengah - tengahnya diberi lobang dengan menggunakan tusuk gigi. Masukkan benih dilobang yg telah dibuat.
  4. Jika medianya dari kain, gunting dgn ukuran 10x5 cm. Kemudian lipat kain jadi dua bagian taruh benih diatas kain dibagian yg satu dan yg satunya lagi ditutupkan diatas benih yg baru saja ditabur.
  5. Simpan benih ditempat yg gelap dan agak lembab.
  6. Selalu kontrol kelembabapan media semai setiap hari jgn biarkan sampai kering jika kering benih sulit berkecambah.
  7. Jika ada benih yg sudah tumbuh (berkecambah) pindahkan ke pot untuk selanjutnya ditaruh ketempat yg bisa mendapatkan sinar matahari. Jika ada benih yg belum tumbuh biarkan untuk beberapa hari kedepan dalam tempat semai tetapi jika dalam waktu dalam 2 minggu belum tumbuh juga berarti benih sudah mati. Buang benihnya dan gantikan dengan benih baru ini dilakukan untuk jaga - jaga bila ada tanaman yg mati sebelum panen tiba.
  8. LED Growing Light atau lampu hidroponik katanya sangat membantu sekali dalam mempercepat perkecambahan benih dan pertumbuhan tanaman tetapi saya belum coba karna harga agak mahal dan butuh tiga atau empat lampu untuk tanaman 1m2.
Kamu cari peralatan hidroponik siap pakai? kunjungi aja : Rockwool Dadu 2x2 cm

1 comment: